This Blog made by Bob Aldi --- Today Quote Ticker by Mario Teguh * You are talented to become a peaceful and strong person, if you decisively treat small matters as small, and the big ones as big. * Be grateful for you have received from others, and forget what you have given to them * When your mind does not lead, your feelings are in power. * Life is not easy but it's full of fun * ---



Pertumbuhan Ekonomi kita bukan No.2 di Asia !

Siapa bilang pertumbuhan Ekonomi kita tertinggi kedua di Asia? Saya berani katakan itu bohong besar.  Bukti yang ada mengatakan Filipina, negara di timur laut Indonesia, yang menjadi pemegang rekor ini dengan pertumbuhan ekonomi 2012 mencapai 6,6%.  Tertinggi Kedua di Asia bahkan dunia dan jawara di ASEAN.      Namun, secara GDP (nominal) filipina masih jauh di bawah Indonesia yakni 240.664 milyar USD (Ke-4 terbesar di ASEAN) sedangkan Indonesia sebesar $928.274 milyar USD (No.1 di ASEAN & 16 di dunia).

Pertumbuhan Ekonomi negara2 ASEAN Kuartal III - 2012

Tetap saja prestasi ini perlu kita apresiasi.  Pertumbuhan Ekonomi Filipina sendiri ditopang dengan Sektor jasa yang naik 7,4 persen, industri naik 6,5 persen, dan pertanian naik 2,7 persen.  Sedangkan, Indonesia sendiri pertumbuhannya terjadi hampir di semua sektor ekonomi dengan pertumbuhan tertinggi di sektor pengangkutan dan komunikasi sebesar 9,98 persen dan terendah di sektor pertambangan dan penggalian 1,49 persen. Sementara PDB tanpa migas tahun 2012 sebesar 6,81 persen.

Mengapa pertumbuhan ekonomi kita melambat dibandingkan tahun lalu? Para pakar ekonom menyebutkan bahwa pemulihan ekonomi dunia masih jauh dari harapan dan belum menemukan titik terang.  Sehingga, menjadikan perlambatan ekspor Indonesia yang hanya tumbuh 2,01% di tahun 2012.  Padahal ekspor adalah salah satu mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia setelah konsumsi domestik dan Investasi Luar Negeri.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (Kompas.com)

Pemerintah sendiri optimis di tahun ini, ekonomi kita akan bertumbuh 6,8% melihat dari tren krisis ekonomi global yang membaik dan ditopang oleh investasi asing dan konsumsi dalam negeri.  Tentu hal ini menjadi angin segar bagi Indonesia ditengah terpaan krisis di 'Benua Biru' dan 'Negeri Paman Sam'.

Banyak tantangan yang harus kita hadapi dalam 2013 dan 2014 mengingat ini merupakan Tahun Politik.  Sehingga, dikhawatirkan tensi politik yang memanas akan mengendorkan sektor ekonomi.  Ingat, sektor ekonomi akan tumbuh baik jika pemerintah mengeluarkan kebijakan politik yang TEPAT demi kepentingan rakyat, BUKAN parpol atau segelintir kelompok.  Korupsi yang semakin merajalela dan pemanfaatan duit rakyat untuk kampanye akan berdampak negatif ke semua faktor.

Semoga pemerintah menyadari dan bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang kuat dan berdikari !


Salam satu Bangsa, Indonesia BISA !

also visit my blog : www.kompasiana.com/bob.aldi

2 comments:

Mobile App Developers said...

very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

UX Designers Delhi said...

Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

Post a Comment